Jumat, 26 Agustus 2011

cara merefleksi isi puisi


Cara merefleksi isi puisi :
1.      Langkah-langkah merefleksi isi puisi :
a.      Ada tambahan kata dan terdapat didalam kurung atau menambahkan kata yang tidak ada
Contoh:
Dengan puisi(yang kutulis ini)aku bernyanyi.
Sampai senja umurku nanti.
Dengan puisi (ini) aku bercinta,
(cinta) berbatas cakrawala.
Dengan puisi (ini) aku mengenang,
(kehidupan) keabadian yang akan datang.
Dengan puisi (ini) aku menangis.
(mengikuti) jarum waktu kejam mengiris,
Dengan puisi (ini) aku mengutuk (merubah).
(berhambus dengan) nafas zaman busuk.
Dengan puisi (ini) aku berdo’a
Perkenankanlah kiranya (aku memohon)
b.     Berusaha memahami kata-kata tertentu
 Contoh:
Senja melambangkan usia tua
c.      Mengurangi isi puisi dalam bentuk prosa
Contoh:
Sampai usia tua umurku nanti
2.     Kesimpulan isi puisi
 Senja=Tua ,jadi dari sebuah usia muda ke usia tua

1 komentar:

  1. aku boleh minta tolong... refleksikan puisi ini ya..

    Sinar elok mu bakar tubuh
    laksanamentari yang membakar
    sinar panas mu merasuk tubuh
    layaknya jarum menusuk tubuh

    tak bisa di elakkan lagi
    kekuatan dan kuasa mu
    persembunyianmu di manapun
    tak akan bisa sembunyi darinya

    kehidupanmu yang berubah ubah
    layaknya air di daun talas

    BalasHapus